Jumat, 23 Januari 2015

Bisnis Plan "King Jersey"



KING JERSEY GALERY
BUSINESS PLAN
Desember, 2014



Disusun Oleh
Muhammad Ilham



JL. Medan Tenggara VII, Kota Medan
TELP. +6285362462716
FAX. 0343-4783997
EMAIL: King_jersey@gmail.com
www.Kingjersey.co.id
KATA PENGANTAR

            Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Y.M.E karna atas berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan tugas Buesnees Plan Usaha Jersey. Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata Perencanaan Bisnis.
            Dalam proses penyusunan tugas ini penulis menjumpai banyak hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
            Dalam penyusunan proposal ini, penulis menyadari bahwa banyak kekurangan yang ada didalamnya. Oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat penulis harapkan. Harapan penuli semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.

Medan,   Desember  2014


                                                                                                Penyusun





DAFTAR  ISI
   Halaman
KATA PENGANTAR....................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii
BAB  I.... PENDAHULUAN.............................................................................. 1
1.1     Data Perusahaan ........................................................................... 1
1.2     Biodata Pemilik............................................................................. 1
1.3     Informasi Tentang Bisnis Yang Dilakukan................................... 2
BAB  II   RANGKUMAN EKSEKUTIF......................................................... 3
2.1     Latar  Belakang Usaha.................................................................. 3
2.2     Visi Dan Misi Usaha...................................................................... 4
2.3     Perumusan Masalah....................................................................... 4
2.4     Tujuan Usaha................................................................................. 4
BAB III   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN....................................... 5
3.1     Analisis SWOT Usaha................................................................... 5
3.2     Kebutuhan Dan Keinginan Pasar.................................................. 6
3.3     Analisis Pelanggan......................................................................... 6
3.4     Sarana Dan Prasarana.................................................................... 7
3.5     Strategi  Pemasaran....................................................................... 7
3.6     Analisis Pesaing............................................................................. 9
BAB IV   ANALISIS PRODUKSI.................................................................... 11
4.1     Produk........................................................................................... 11
4.2     Proses Produksi............................................................................. 12
4.3     Sumber – Sumber Produk / Bahan................................................ 12
BAB V    ANALISIS ORGANISASI................................................................ 13
5.1     Mamagement Team....................................................................... 13
5.2     Kepengurusan................................................................................ 14
BAB VI   ANALISIS KEUANGAN.................................................................. 16
6.1     Analisis Sumber Dana................................................................... 16
6.2     Sumber Dana................................................................................. 16
6.2.1   Modal Investasi.................................................................... 16
6.2.2   Penjualan Produk................................................................. 19
6.3     Analisis Laba Rugi........................................................................ 19
BAB VII   KESIMPULAN................................................................................ 23
BAB VII   APENDIKS....................................................................................... 24

        


BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Data Perusahaan
1.          Nama Perusahaan
King Jersey Galery

2.          Bidang Usaha
Pakaian  Olahraga

3.          Jenis Produk / Jasa
Alat dan Pakaian Olah Raga (jersey)

4.          Alamat Perusahaan
Jl. Hamzah Panzuri Kota Langsa Aceh

5.          Nomor Telepon/Fax
+6285362462716

6.          Alamat E-mail

7.          Bank Perusahaan
BRI

8.          Bentuk Badan Hukum


9.          Mulai Berdiri
Tahun 2014
           

1.2       Biodata Pemilik
1.          Nama
Muhammad Ilham

2.          Jabatan
Pemilik Usaha

3.          Tempat dan Tanggal Lahir
Langsa / 13 juli 1994

4.          Alamat Rumah
Jl. Hamzah Panzuri Kota Langsa Aceh

5.          Nomor Telepon
+6285362462716

6.          Alamat E-mail

7.          Pendidikan Terakhir
DIII/sederajat

1.3       Informasi Tentang Bisnis Yang Dilaksanakan
            Usaha kami bergerak di bidang perdagangan  yang menjual berbagai macam jersey bola yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat Indonesia, khususnya untuk pengemar dan pencinta bola.
            Sebelum kami menjalankan usaha yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, usaha  kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli atau konsumen.
            Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan usaha ini yaitu:
1.      Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2.      Menyediakan kebutuhan jersey bola bagi masyarakat terkhusus masyarakat pecinta dunia sepak bola
3.      Mengurangi tingkat pengangguran,
4.      Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5.      Mendapatkan keuntungan atau laba.


 BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF

2.1       Latar Belakang Usaha
            Di era modern seperti sekarang ini fashion merupakan hal yang sangat  penting dan menarik perhatian masyarakat terutama di kalangan muda. Perkembangan mode yang pesat khususnya fashion dan aksesoris menuntut perubahan yang besar dalam berpakaian anak muda. Anak muda dan kaum hawa sering kali di anggap ketinggalan trend apabila penampilan berpakaian mereka tidak melihat atau tidak mengacu kepada perkembangan trend mode sekarang.
            Dalam dunia mode seperti ini memang paling sulit ditebak arahnya kemana karena sedemikian cepatnya berubah mengikuti trend yang berlaku didalam maupun luar negeri, sehingga kita harus mengerti apa trend yang sedang berlaku saat ini. Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan jersey bola sekin meningkat dikalangan pencinta  bola, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha penjualan baju bola yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat indonesia.
            Usaha  bisnis penjualan jersey bola ini berdiri atas kerjasama serta keinginan jiwa muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang olahraga terkhusus sepak  bola, dan melihat dari perkembangan trend baju bola (jersey) yang semakin meningkat serta karena banyaknya berbagai kegiatan di bidang olahraga, maka dicetuskannya mendirikan sebuah usaha penjualan Jersey bola yang dinamakan King sport Galery yang berdiri di kota Medan, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan  bola yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya. King Sport didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang bola yang up to date.


2.2       Visi dan Misi Usaha
Visi  :
            Menjadi mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal bola yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan di dunia bola.
Misi :
            Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi    kepuasaan  pelanggan.

2.3       Perumusan Masalah
            Hadirnya Jersey Bola karena ketertarikan kami akan kebutuhan trend mode yang sangat pesat di kalangan masyarakat. Selain mencoba peruntungan di dunia usaha hadirnya Jersey Bola di harapkan juga dapat menyelesaikan masalah masyarakat umum dalam memenuhi kebutuhan trend mode terbaru terutama di produksi fashion olah raga bola.

2.4       Tujuan Usaha
1.      Menambah pengetahuan dan wawasan yang ada di lingkungan sekitar.
2.      Belajar untuk mandiri dan menciptakan usaha sendiri.
3.      Meningkatkan Produksi penjualan Jersey Bola yang modern sesuai dengan selera di berbagai kalangan umur.
4.      Memperkenalkan Produk usaha jersey kepada masyarakat indonesia.
5.      Meningkatkan Jumlah penjualan produk.
6.      Meningkatkan Pembeli dengan produk yang ada dan yang akan di beli.
7.      Meningkatkan kualitas–kualitas barang yang diproduksi oleh usaha agar menjadi barang yang memiliki daya tarik kepada masyarakat.


BAB III
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1       Analisis Swot Usaha
Faktor Internal
1)        Strength (Kekuatan)
a.       Kualitas produk
Disini kami menjual suatu produk dengan variasi kualitas yang diinginkan oleh konsumen, dan produk unggulan kami yaitu dengan kualitas jersey yang original dengan kualitas yang baik.
b.      Harga Bersaing dan terjangkau
Kami menawarkan suatu produk dengan kualitas terjamin namun dengan harga yang terjangkau dan dapat bersaing dengan produk lain.
c.       Pelayanan Yang Baik
Selain mengenai produk, kami juga mementingkan suatu hal yang penting yaitu mengenai kepuasan pelanggan, oleh karna itu kami juga memperhatikan pelayanan yang kami berikan kepada konsumen.

2)        Weakness (Kelemahan)
a.       Kondisi Pasar yang berubah - ubah
Produk jersey ini merupakan suatu produk yang tingkat penjualannya tergantung atas kejadian yang ada di dalam kondisi masyarakat, dimana apabila sedang musim sepak bola maka penjualan akan mengingkat.
b.      Pengalaman penjualan yang masih kurang
        Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.


Faktor Eksternal
1)        Opportunities ( Peluang )
a.       Menjadi Toko Usaha Jersey terbesar dan terlaris
Dengan segala kelebihan yang kami miliki, maka kami menargetkan usaha yang kami jalani ini akan menjadi usaha terbesar di Kota Medan khususnya pada penjualan jersey.
b.      Memperoleh kepercayaan tetap dari konsumen
Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk,kami yakin kami dapat memperoleh kepercayaan dari konsumen.
2)        Threats ( Ancaman )
a.       Munculnya Usaha Lain yang Sejenis
Dengan berkembangnya usaha yang dijalani maka tidak menutup kemungkinan munculnya pesaing – pesaing yang akan bermunculan, oleh karna itu kestabilan mutu dan kepercayaan pelanggan amat perlu untuk selalau dipertahankan.

3.2       Kebutuhan Dan Keinginan Pasar
            Pasar menginginkan jersey yang berkualitas terbaik. Akan tetapi, kami tidak hanya menjual jersey terbaik melainkan juga kualitas jersey dibawah rata – rata sekalipun. Alasan kami juga menjual jersey tersebut adalah hanya sebagai pemenuhan kebutuhan dasar dari suatu pasar, yaitu sandang. Jersey  hanyalah sebagai bahan pelengkap kebutuhan yang nilai prestigenya tidak tinggi.

3.3       Analisis Pelanggan
            Jangkauan penjualan jersey sepak bola kami hanya meliputi daerah-daerah Kota Medan, tidak tutup kemungkinan orang-orang luar Medan adalah juga calon konsumen. Kami lebih memilih jenis usaha bersifat dropshipping atau reseller dan online karena penanaman modal yang dapat dikatakan rendah dan tidak perlu membuka toko. Selain jersey dengan kualitas baik kamijuga menjual jersey Ory Thailand dan KW Thailand. Untuk segmentasi kami memilih calon konsumen yang masih remaja serta dewasa dan penggemar sepak bola. Alasan kami memilih calon konsumen tersebut adalah umur tersebut dapat dikatakan matang dalam berfikir dalam mempertimbangkan pembelian dan penggunaan jersey. Mereka tahu bahwa harga menentukan suatu kualitas barang, meskipun bukan barang original. Orang-orang cenderung memilih barang KW karena kualitas barang KW adalah 11:12 dengan barang original dengan asumsi barang KW tersebut memiliki kualitas bahan yang terbaik.  Selain itu, barang KW memiliki harga yang lebih terjangkau dari barang original. Namun kami juga menargetkan penjualan untuk kalangan – kalangan orang yang menengah keatas, karna bagi orang – orang tersebut harga bukanlah menjadi sebuah masalah yang besar, tetapi kualitas dari produk tersebut yang menjadi hal yang perlu diperhatikan.

3.4       Sarana dan Prasarana
Selain menggunakan rumah produksi dan stand flexible sebagai media promosi dan tempat traksaksi jual beli, kami juga memanfaatkan berbagi media baik media elektronik maupun media cetak seperti brosur, leaflet, pamflet, majalah dan online shop, blog, facebook, twitter dan lain sebagainya. Kami juga menyediakan suatu wadah konsultasi mengenai perkembangan jersey dll baik melalui sms, telepon, chatting, blackberry messenger, email maupun bertemu secara langsung.

3.5       Strategi pemasaran
Telah banyak jenis jerseydengan berbagai kualitas yang bisa dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan, seperti pasar, departement store dan mall. Namun dari sekian banyak tempat perbelanjaan seperti itu membuat lebih banyak pilihan dan kurang real dalam pemilihan kualitas jesey tersebut. Oleh sebab itu, masyarakat harus tau tentang keberadaan produk kami. Untuk itu, kami telah menyusun strategi pemasaran. Tahapan-tahapannya sebagai berikut:
a.       Pengembangan produk
     Produk jersey memang telah banyak dijumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Namun kami memberikan pelayanan yang berbeda yaitu berupa cara membedakan suatu jersey dengan kualitas yang baik dan buruk . Selain itu kami juga menyediakan jasa konsultasi berupa perkembangan jersey yang upto date serta perkembangan dunia olah raga terkhusus sepak bola, dimana baik si konsumen dengan kami dapat bertukar informasi mengenai perkembangan produk jersey dan perkembangan minat olah raga dikalangan masyarakat.
     Jersey ini juga bisa dijadikan alternatif penggunaan busana di dunia fashion, hal ini dikarenakan jersey merupakan suatu type busana yang tidak hanya dapat digunakan pada saat olah raga saja namun juga dapat digunakan untuk acara santai maupun pada saat beraktifitas sehari – hari. Jersey ini juga bisa dikenakan di acara-acara non formil dan formal seperti pada saat perkuliahan, dan acara-acara resmi yang lain yang bersifat santai.

b.      Kegiatan promosi
     Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami melalui sejumlah media baik elektronik, cetak, iklan di radio maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membulka semacam on-line shop di berbagai jaringan sosial yang kini marak di dunia maya. Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat pamflet, serta mengiklankan produk kami di media massa dan majalah wanita.  Promosi dari mulut ke mulut kami lakukan dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok penggemar olah raga seperti di kampus, lapangan olah raga dan cafe. Kami juga melakukan promosi di pameran, expo atau bazar. Pada semua media promosi tersebut kami tidak lupa menyertakan tentang berbagai fasilitas yang kami miliki seperti tutorial cara pemilihan jersey yang baik dan pelayanan kebutuhan konsumen yang optimal.



c.       Penjualan kolektif
     Yaitu memberikan pilihan kepada konsumen dengan menjual lebih dari satu produk dengan harga yang lebih miring bila dikalkulasi per produknya. Pembelian dengan harga yang miring ini minimal untuk 3 atau lebihpembelian produk. Selain itu kami juga memberikan suatu kartu member bagi pelanggan tetap, dimana karu member tersebut akan memberikan suatu kespesialisan dalam pembelian produk kami baik berupa discount maupun yang lainnya.

d.      Counter Style
     Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.

3.6       Analisis Pesaing
            Persaingan pada produk jersey ini terletak pada kualitas jersey serta harga yang ditetapkan. Pasar-pasar jersey cenderung memilih jersey sesuai dengan team apa yang didukungnya. Contoh penggemar Real Madrid pasti memiliki jersey Real Madrid. Dengan kata lain, penggemar terbanyak merupakan calon pembeli yang paling berpotensial.Jika suatu usaha dapat bersaing berarti usaha tersebut masih mempunyai pelanggan. Dalam hal ini, mengembangkan usaha merupakan sesuatu yang sangat diperlukan.
            Pesaing – pesaing dalam produk jersey ini dapat dibedakan menjadi beberapa golongan, yaitu :
·         Pesaing Langsung
            Kelebihan: mereka mengkhususkan menjual jersey tertentu. Misalnya hanya menjual barang original atau hanya menjual barang KW. Sehingga manajemen yang mudah dapat dilakukan dan difokuskan.
            Kelemahan: mereka tidak menjual berbagai macam jersey seperti yang kita lakukan. Dengan kata lain, mereka memiliki pangsa pasar yang kecil dan terkesan monoton.
·         Pesaing Tidak Langsung
            Kelebihan: mereka tidak menjual jersey tetapi mereka menjual barang berupa T-Shirt ataupun kemeja. Dengan kata lain, pangsa pasar yang mereka miliki lebih luas.
            Kelemahan: mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan bagi penggemar sepak bola, yaitu calon konsumen yang ingin membeli jersey.


BAB IV
ANALISIS PRODUKSI

4.1       Poroduk
            Kami menjual barang berupa jersey sepak bola. Dalam hal brand (merk), kami menjual berbagai macam merk yang mensponsori klub sepak bola masing-masing. Adidas dan Nike adalah merk-merk yang sangat banyak dan paling banyak dicari. Mereka mensponsori tim-tim besar dalam dunia sepak bola.
            Oleh karena itu, kami tentu saja menjual jersey bermerk Adidas dan Nike dikarenakan kedua merk itu merk yang paling dikenal di dunia.Kami menjual jersey sepakbola melalui internet (online), social media, ataupun melalui toko.
barca.pngatletico.png



spain.pngg. dos santos.png





           
            Secara tidak langsung, kita tidak dapat membedakan kualitas original, KW Thailand, bahkan KW sevenstar. Oleh sebab itu, dalam penjualan jersey, menjual jersey melalui toko adalah cara penjualan yang paling baik. Karena dengan melihat secara langsung kita dapat membedakan kualitas sesungguhnya.




4.2       Proses Produksi
            Proses produksi yang kami jalankan dalam usaha ini dapat dilihat pada bagan berikut :


4.3       Sumber-sumber Produk / Bahan
            Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.


BAB  V
ANALISIS ORGANISASI

5.1       Management Team
            Agar suatu tim menjadi efektif, seorang ahli organisasi memberikan suatu konsep tentang komposisi tim yang efektif.Suatu tim diharapkan terdiri dari orang-orang yang ditempatkan pada posisi yang benar-benar sesuai dengan kompetensinya. Suatu kelompok harus mempunyai:
1.         Seorang pemimpin (ketua), yaitu seorang pemikir yang disiplin yang bertugas mengorganisir dan mengkoordinir tim, memelihara keseimbangan usaha dan menjadi titik tumpu tim dalam menjaga posisi mereka.
2.         Seorang pembentuk, orang yang memiliki kemampuan untuk memberikan dinamika dan pengarahan kepada tim, menyediakan motivasi, kreatif.
3.         Seorang pemikir, yang dapat menyediakan gagasan bagi kemajuan tim.
4.         Seorang pengevaluasi, yang dapat mengevaluasi permasalahan yang ada dan hasil kerja tim.
5.         Seorang penyelidik sumberdaya, yang menyediakan informasi dan jejaring sosial dan relasi
6.         Seorang pekerja tim, yang secara efisien berhubungan langsung dengan pekerjaan, memecahkan konflik, memperlancar hubungan dan memotivasi rekan satu tim.
7.         Seorang penyelaras akhir, yang memandu dan memberi peringatan kepada tim jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan komitmen bersama.
Ketujuh karakter tersebut sebaiknya dimiliki oleh suatu tim. Tidak mustahil karakter tersebut terdapat pada orang yang sama. Untuk itu diperlukan kejelian dari manajer untuk menentukan siapa saja yang dapat masuk ke dalam tim dan menempatkan mereka pada posisi yang tepat.


5.2       Kepengurusan
Job Deskripsi
Pimpinan :
1.      Menetapkan kebijakan – kebijakan usaha rental
2.      Memastikan bahwa prinsip tata kelola perusahaan benar-benar diterapkan dengan baik
3.      Memimpin perusahaan dan mengawasi kelancaran perusahaan sesuai dengan tujuan dan kebijakan yang telah ditetapkan
4.      Bertanggung jawab terhadap kemajuan perusahaan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan perusahaan
Bagian Pemasaran :
1.      Mengadakan promosi untuk peningkatan laba usaha
2.      Menentukan harga pokok penjualan.
3.      Menganalisa dan mengembangkan strategi marketing untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dg target yang ditentukan
4.      Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survey seluruh sales team untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan
5.      Mengevaluasi seluruh bauran pemasaran guna meningkatkan kepuasan pelanggan
6.      Bertanggung jawab atas kepuasan konsumen dan laba/rugi
Bagian Logistik :
1.      Mengadakan peralatan dan perlengkapan guna pengembangan usaha
2.      Mengadakan perlengkapan dan peralatan untuk membantu dan meningkatkan kinerja divisi lain
3.      Mengadakan dan mengelola logistik barang  
4.      Bertanggung jawab atas seluruh perlengkapan dan perlatan yang disediakan
Bagian Ketenaga kerjaan :
1.      Mengadakan rekruitmen calon karyawan
2.      Mengadakan pelatihan bagi karyawan
3.      Memberhentikan tenaga kerja setelah mendapat izin dari pemimpin.
4.      Mengurus kompensasi dan gaji
5.      Membuat anggaran tenaga kerja
6.      Membuat job analyst dan job description
7.      Memberikan motivasi terhadap karyawan
8.      Bertanggung jawab atas kinerja karyawan
Bagian Administrasi :
1.      Mengelola laba/rugi yang diterima perusahaan
2.      Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaan dan kekayaan perusahaan
3.      Mengelola seluruh data perusahaan
4.      Bertanggung jawab atas data-data perusahaan dan dana perusahaan


BAB VI
ANALISIS KEUANGAN

6.1    Analisa Sumber Dana
Sebagai sumber awal mula pendirian usaha King Sport Galery yaitu dari pemilik usaha sendiri yang diperoleh dari banyak sumber seperti bank dll. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.

6.2    Analisis Dana
6.2.1        Modal  Investasi
a.      Biaya Perizinan
No
Uraian
Harga
1
Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
Rp.1.000.000,-
2
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Rp.2.500.000,-
3
Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Rp.3.500.000,-
4
HAKI
Rp.2.000.000,-
Total Pengeluaran Perizinan
Rp.9.000.000,-

b.      Biaya Investasi
No
Jenis
Harga satuan
( Rp)

Jumlah
(Rp)
1.
Perlengkapan – perlengkapan yang di butuhkan.
Rp.35.000.000
Rp. 35.000.000
2.
Fasilitas – fasilitas yang dibutuhkan
Rp. 30.000.000
Rp. 30.000.000
Jumlah

Rp. 65.000.000
Biaya Investasi Lahan dan Bangunan
Luas lahan tempat usaha                          : 200  meter persegi
Harga Tanah  @ Rp.100.000,-                 :  200 m2 x Rp. 100.000 /m2
= Rp.20.000.000,-
Biaya Investasi Bangunan
Luas Areal bangunan                               : 150 meter persegi
Harga Bangunan @Rp.200.000,-            : 150 m2 x Rp.200.000,-/ m2
                                                                 = Rp.30.000.000,-

PERINCIAN BIAYA INVESTASI /AKTIVA
No.
Nama
Nilai Investasi (Rp)
1.
Perijinan
9.000.000,-
2.
Tanah (20m x 10m )
20.000.000,-

Bangunan (15 m x 10 m )
30.000.000,-
3.
Peralatan yang dibutuhkan
35.000.000
4.
Fasilitas yang dibutuhkan
30.000.000
Total Biaya Investasi
124.000.000,-

Perawatan
Biaya Perawatan (5 tahun)
No
Uraian
Persentase (%)
Harga
Jumlah
1
Bangunan
10 %
Rp.  30.000.000,-
Rp.3.000.000,-
2
Peralatan
Rp   15.000.000,-
Rp.1.500.000,-
Total Biaya
Rp. 45.000.000,-
Rp. 4.500.000,-




Pajak bumi dan bangunan
Menurut UU No. 20 Tahun 2004 Jo UU No 21 Tahun 2000.
Objek pajak
Luas (m2)
NJOP (Rp)
Per m2
Jumlah (Rp)
Bumi
200
100.000
20.000.000
Bangunan
150
200.000
       30.000.000
Nilai jual objek pajak (NJOP) sebagai dasar pengenaan PBB

60.000.000

a.       Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)  sebesar dasar pengenaan PBB adalah
Rp. 60.000.000,-
b.      NJOP yang tidak kena pajak adalah Rp. 200.000,-
c.       NJOP untuk perhitungan PBB = Rp. 60.000.000,- – Rp. 200.000,-
                                                  = Rp. 59.800.000,-
d.      Nilai Jual Kena Pajak    = 20 % dari NJOP untuk perhitungan PBB
                                       = 20% x Rp. 59.800.000,-
                                            = Rp. 11.960.000,-
e.       Pajak Bumi dan Bangunan yang Terutang (0,5% NJKP untuk perhitungan PBB)          
= 0,5% x Rp. 11.960.000,-
= Rp. 59.800,-
Pajak terutang selama 12 bulan      = 12 x Rp. 23.700,-
= Rp. 717.600,-/ tahun




6.2.2        Penjualan Produk
Dana Pendapatan per Bulan
Harga Penjualan/bulan
a.      Jersey Negara Ori                            = Rp.  150.000  x  100 buah
                                                                 = Rp.  15.000.000
b.      Jersey Club Sepak Bola Ori           = Rp.  150.000  x 100 buah
= Rp.  15.000.000
c.       Jersey KW 1                                     = Rp.   85.000  x  50 buah
= Rp.  4.250.000
Total  Dana Pendapatan                  =  Rp.  34.250.000

d.      Dari Total pendapatan laba per bulan, ternyata di asumsikan %kerugian atau produk yang tidak tejual sebesar 5%.
Oleh karna itu, maka total dana pendapatan perbulan tersebut akan dipotong dana %kerugian sebesar 5%, sehingga :
Total Dana Pendapatan                  =  Rp. 34.250.000 – Rp. 1.712.500
                                                           =  Rp. 32.537.500
            Total Dana Pendapatan/tahun        =  Rp.  390.450.000


6.3         Analisa Raba Rugi
Biaya Tetap
No.
Uraian
Jumlah (Rp) / bulan
Jumlah (Rp) / Tahun
1.
Gaji Pimpinan
2.500.000
30.000.000
2.
Gaji karyawan tetap 4 orang @Rp. 2.000.000
8.000.000
96.000.000
3.
Listrik + air
200.000
2.400.000
4.
Pajak
59.800
717.600
5.
Biaya Pembelian Produk (jersey)
10.000.000
120.000.000
6.
Bank
2.000.000
4.000.000

Jumlah
22.750.800,-
253.117.600

Biaya Berubah/Variable Cost (VC)
No.
Uraian
Jumlah (Rp) / bulan
Jumlah (Rp)
/ tahun
1.       
Gajian Karyawan Lepas 2 orang
     @Rp. 1.500.000
  3.000.000
36.000.000

Jumlah
  3.000.000,-
36.000.000
Total pengeluaran = Total  Biaya Tetap + total biaya variabel
                             = Rp. 22.750.800 +  Rp. 3.000.000,-
                             = Rp. 25.750.800,-

Perhitungan Laba/Rugi (Keuntungan) sebelum pajak/bulan
Laba/rugi    =  Total Pendapatan – Total Pengeluaran
                     = Rp. 32.537.500 – Rp. 25.750.800,-
                     = Rp. 6.786.700,-

Pajak penghasilan
Berdasarkan pasal 21 Undang-undang No. 17 tahun 2000 tentang Pajak Penghasilan (PPh) adalah :
Jumlah penghasilan kena pajak
Tarif (%)
Sampai dengan Rp. 50.000.000,-
10%
Diatas Rp. 50.000.000,- Sampai dengan Rp. 100.000.000,-
15%
Diatas Rp. 100.000.000,-
30%

Perincian pajak penghasilan (PPh) terhutang/tahun :
30% x Rp.390.450.000,-  = Rp.117.135.000,-
Total Pajak Penghasilan (PPh)        = Rp.117.135.000,-
Laba Setelah Pajak     = laba sebelum pajak – PPh
                                       = Rp.390.450.000,- – Rp.117.135.000,-
                                       = Rp. 273.315.000,-

Break Event Point (BEP)





Perolehan bagi hasil (Sistem bagi hasil 50% : 50 %)


Perolehan bagi hasil    = Rp.




Return On Investemen (ROI)
Return On Investemen adalah besarnya % pengembalian modal setiap tahun dari penghasilan bersih.




                    = 99,41 %

Pay Out Time (POT)
Pay Out Time adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan investasi yang ditanam.
                       
                                               

POT  =  1,005 tahun
POT =  1 tahun


BAB  VII
KESIMPULAN

Kebutuhan akan fashion di era sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang dapat dikatakan penting, dan termasuk juga terhadap baju – baju jersey sepak bola, baik itu jersey club sepak bola maupun negara. Ditambah lagi perkembangan olah raga sepak bola yang terus meningkat pada era sekarang menambah minat penggunaan jersey sepak bola ini, bahkan tidak hanya kalangan muda saja yang menggunakannya, kalangan dewasa bahkan lanjut usiapun berminat untuk memakai jersey. Oleh sebab faktor itu, kami mengintip adanya peluang usaha jersey yang memungkinkan akan meraih keuntungan yang baik.
Estimasi tingkat penjualan jersey tertinggi terjadi ketika musim – musim sepak bola seperti pada piala dunia maupun pada laga – laga liga champion eropa,  maka langkah yang diperlukan dalam marketing King Jersey Galery adalah menstabilkan proses produksi selama waktu akan mendekati puncak pemasaran , dan menjaga pasokan bahan serta terus memantau perkembangan di dunia sepak bola.








BAB   VIII
APENDIKS

Sebagai pelangkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula
1.      Daftar Harga dari Pemasok Barang
2.      Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)


Kontak : Muhammad Ilham (+6285362462716)

  

1 komentar:

  1. artikelnya memberi pembahasan yang sangat lengkap. artikel menarik yang tentunya bermanfaat. terimakasih gan..
    Software Kasir Android

    BalasHapus